Pengembangan media pembelajaran video program pelatihan di sekolah polisi negara pontianak

Authors

  • Sugiyono Sugiyono Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Aunurahman Aunurahman Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Indri Astuti Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3360

Keywords:

Pengembangan, program pelatihan, respon peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media program pelatihan di sekolah polisi negara pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini berdasarkan penilaian ahli materi persentase rata-rata 79,85% kategori sangat valid, penilaian ahli media persentase rata-rata 87,96 % kategori sangat valid dan penilaian desain pembelajaran persentase rata-rata sebesar 87,77% kategori sangat valid, sedangkan respon peserta didik memiliki nilai presentase rata-rata sebesar 95,94% kategori sangat layak, maka dapat disimpulkan bahwa media program pelatihan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah polisi negara Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldoobie, N. (2015). Addie Model. American International Journal of Contemporary Research Vol. 5, No. 6; December 2015. Issn 2162-139x (Print), 2162-142x (Online) © Center For Promoting Ideas, Usa Www.Aijcrnet.Com

Akker, Van Den J. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher. hal. 125–135

Battistich, V. (2008). Voices: A Practitioner’s Perspective: Character Education, Prevention, And Positive Youth Development. Journal of Research in Character Education, 6 (2), 81-90.

Borg, W.R. and Gall, M.D. (2003). Educational Research: An Introduction. 4 th Edition. London: Longman Inc.

Bungin, B. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Deroche, E. F. & William, M. M. (2001). Character Education: A Guide for School Administrators, Blue Ridge Summit, Pa: Scarecrow Press.

Jusrin Efendi Pohan. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Menulis Resensi Di Kelas Ix Smp 7 Padang Bolak. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran. Volume 2 Nomor 2.

Leon. (1963). Lessons from Europe For American Business. Published Jointly by The Southwestern Social Science Association and The University of Texas Press.

Pribadi, B. A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana.

LOT. (2001). Addie: instructional design model.

Sutarti, T. dan Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish

Thomas Lickona, (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sugiyono, S., Aunurahman, A., & Astuti, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran video program pelatihan di sekolah polisi negara pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 169–176. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.3360