EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.74Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri dan tanpa modul pada materi gerak,(2) perbedaan kemandirian belajar mahasiswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri dan tanpa modul pada materi gerak, dan (3) besar efektivitas penggunaan modul fisika berbasis inkuiri terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain randomized control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester satu Program Studi Pendidikan Fisika tahun akademik 2014/2015 yang terdiri dari tiga kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian terpilihlah kelas A Pagi yang diberi modul fisika berbasis inkuiri dan kelas B Pagi tidak menggunakan modul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda dan essai serta angket kemandirian belajar. Hipotesis diuji menggunakan statistik parametrik yaitu uji t - 2ekor dengan bantuan program SPSS versi 20 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan modul berbasis
inkuiri dan tanpa modul pada materi gerak, (2) terdapat perbedaan kemandirian
belajar mahasiswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri dan tanpa modul pada materi gerak, (3) efektivitas penggunaan modul fisika berbasis inkuiri terhadap hasil belajar sebesar 0,30 (tergolong sedang), dan (4) efektivitas penggunaan modul fisika berbasis inkuiri terhadap kemandirian belajar sebesar 0,31 (tergolong sedang).
Kata Kunci: efektivitas, modul inkuiri, kemandirian belajar, hasil belajar, gerak.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Posting Your Article Policy at http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/about/submissions#onlineSubmissions
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.