PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

Authors

  • Sri Koriaty, Nurbani Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya belajar terhadap
prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, (2) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, dan (3) pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar (X1) dan motivasi (X2) yang merupakan variabel bebas, sedangkan variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Sampel penelitian ini berjumlah 114 mahasiswa Program Studi P.TIK IKIP PGRI Pontianak Semester IV tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, (2) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, dan (3) terdapat pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada matakuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer.


Kata kunci: gaya belajar, motivasi, prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-10

How to Cite

Nurbani, S. K. (2016). PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 287–296. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.77