PENGARUH INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH ANALISIS DATA STATISTIK

Authors

  • Vindo Feladi, Isnania Lestari Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intelegensi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada matakuliah analisis data statistik di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer IKIP PGRI Pontianak. Jenis
penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan desain penelitian korelasional. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata – rata pencapaian skor untuk variabel intelegensi adalah 64,83. Sedangkan untuk variabel motivasi belajar adalah 76,93 dan hasil belajar adalah 77,7. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intelegensi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa, dengan koefisien deteminasi sebesar 30,9%.Hal ini menunjukkan bahwa intelegenti dan motivasi belajar secara bersama-sama mampu menjelaskan perubahan hasil belajar sebesar 30,9%. 

Kata kunci: Intelegensi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-10

How to Cite

Isnania Lestari, V. F. (2016). PENGARUH INTELEGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH ANALISIS DATA STATISTIK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 307–321. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i2.79