DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN REMAJA

Penulis

  • Nunik Esti Utami IKIP PGRI Pontianak
  • Ihsan Nurhakim IKIP PGRI PONTIANAK
  • Teguh Agustian IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v10i2.6536

Kata Kunci:

Remaja, Dampak Game Online, Interaksi Sosial

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, Jenis Game online yang dimainkan pada kalangan anak remaja, Dampak positif dari permainan Game online, Dampak negatif dari permainan Game online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian yang dilakukan terhadap remaja di warung kopi di desa Arang Limbung menunjukkan bahwa orang yang bermain game online akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan terkait teknologi, khususnya internet. Pengetahuan dan keterampilan ini akan memungkinkan orang untuk bermain game dengan cara yang kreatif dan inovatif serta untuk lebih memahami diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan adalah dapat menimbulkan kecanduan sehingga dapat mengganggu kehilangan kendali, mengabaikan perintah orangtua konsentrasi belajar dan melalaikan tugas dan tanggung jawab sebagai remaja

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Furqan, S. (2020). Model Komunikasi Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas UAD IAIN Bengkulu). IAIN BENGKULU.

Gumilang, G. S. (2015). Urgensi kesadaran budaya konselor dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling untuk menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Jurnal Guidena, 5(2), 45–58.

Hati, W. E. K. … Gati, N. W. (2021). Gambaran Tingkat Stres pada Remaja yang Bermain Game Online di Desa Kentong Kecamatan Cepu. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(1), 6–11.

Hendarlin, S. H. (2016). Fenomena Para Pengguna Game Online. Fakultas Ilmu Komunikasi (UNISBA).

Kusumawardani, S. P. (2015). Game Online Sebagai Pola Perilaku (Studi Deskriptif Tentang Interaksi Sosial Gamers Clash Of Clans Pada Clan Indo Spirit). Jurnal Antropologi FISIP Universitas Airlangga, 4(2), 154–163.

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (e-Journal), 3(2), 103–118.

Moleong, L. J. (2020). A. Pendekatan dan Jenis Penelitian. PELAKSANAAN REFORMA AGRARIA DI DESA SUMBERDANTI KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBER (Berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 1960 Tentang Pokok-Pokok Agraria Dan Perpres No. 86 Tahun 2018 Tentang Reforma Agraria).

Muttaqien, M. D. … Erawati, E. (2022). Model Penyesuaian Sosial Siswa Baru di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Hamidiyah Depok. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(3), 442–456.

Ningrum, F. S., & Amna, Z. (2020). Cyberbullying victimization dan kesehatan mental pada remaja. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(1), 35–48.

Pahlevi, A. N. (2018). Hubungan Kecanduan Online Game Mobile Legend dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.

Puspitasari, N. … Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540–2546.

Rahman, I. A. … Ulfa, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85–90.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Suryanto, R. N. (2015). “Dampak Positif Dan Negatif Permainan Game Online Dikalangan Pelajar.†Jom Fisip, 2(2).

Susilo, S. … Mentari, A. (2021). Analisis Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Pasca Konflik Antar Etnik Di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Civic Hukum, 6(1).

Syahran, M. (2020). Membangun Kepercayaan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Primary Education Journal (Pej), 4(2), 19–23.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-12

Cara Mengutip

Utami, N. E., Nurhakim, I. dan Agustian, T. (2023) “DAMPAK PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN REMAJA”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), hlm. 129–138. doi: 10.31571/sosial.v10i2.6536.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama