Optimalisasi Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan Kelas X SMA Negeri 1 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v5i1.3168Keywords:
Kata kunci, Optimalisasi, Google Classroom, Eksperimen, Hasil BelajarAbstract
Dilihat dari perkembangan zaman sekarang ini tidak lepas dari Teknologi Informasi (TI) yang juga semakin berkembang. Selain itu dengan adanya pandemi covid-19 yang sedang berlangsung. Guru juga dituntut utuk menguasai teknologi supaya proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 berjalan sebagai mana mestinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah optimalisasi Google Classroom dan seberapa besar pengaruh optimalisasi Google Classroom. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang berbentuk pre expremental design. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MIA dan sampel siswa kelas X MIA I. Teknik yang digunakan dalam menentukan sampel yaitu Random sampling. Teknik dalam pengambilan data adalah teknik pengukuran dan alat yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Gain, Uji Normalitas dan Uji T. Hasil dalam penelitian ini diperoleh nilai Prestest sebesar 51,30 dan Posstest sebesar 82,29 sedangkan bessar pengaruh yang diperoleh adalah 0,63. Kesimpulan hasil belajar siswa sebelum optimalisasi Google Classroom sebesar 51,30 dengan kategori “kurang†dan sesudah optimalisasi Google Classroom sebesar 83,29 dengan kategori ‘baik sekali’. Besar pengaruh optimalisasi Google Classroom terhadap hasil belajar siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Salatiga Kabupaten Sambas adalah sebesar 0,63 dengan kategori “sedangâ€.
Â
Downloads
References
Miningsih,S. Implementasi TIK dalam Pembelajaran Mendengarkan di Sekolah Dasar. [Jurnal Teknodika], vol.1. No.2. 2015.
Dwi Yunita. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M. Vol.3, No.2. 2017.
Handayani, N. L., Sulisworo, D., & Ishafit, I. Pemanfaatan Google Classroom Pada Pembelajaran Ipa Fisika Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. [Journal Pendidikan Fisika], 9(1), 66-80. 2021.
Sudibjo Ari, Penggunaan Media pembelajaran IPA berbasiss google classroom pada materi Alat optik untuk meningkatka Reaspon motivasi dan hasil belajar siswa di SMPA negeri 4 Surabaya. [Journal education and development] Vol.7, No. 3. 2019.
Andira Permata, Yoga Budi Bhakti. Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. [JIPFRI] (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), Vol. 4 No. 1. 2020.
Leony Sanga Lamsari Purba, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kima fisika. [JDP] Vol.12 No 33. 2019
Lina Novita dkk, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD†[IJPE] Vol 3 No 2. 2019
Dwi Yunita. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. [Jurnal LP3M]. Vol.3, No.2. 2017.
Hafizah, Sarifah, Penggunaan dan Pengembangan Video dalam pembelajara Fisika. [Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro]. Vol 8. No.2. 2020
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. APenggunaan aplikasi quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. [In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019] (pp. 362-368). 2019, September.
Wahyu, (2019). Penerapan Metode Latihan Mandiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP Negeri 1 Kayangan [Jurnal Kependidikan].Volume 5, Nomor 2. 2019.
Riyadi Akbar, Dkk. Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Flash Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. [Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi]. Volume I No 2. 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- Nazura Nazura, Dwi Fajar Saputri, Lia Angraeni, Pengembangan tes diagnostik three tier test pada materi pesawat sederhana untuk peserta didik Kelas VIII SMP , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Tomi Hidayat, Ira Nofita Sari, Korelasi Kemampuan Matematis dengan Hasil Belajar pada Materi Suhu di Kelas X SMA Negeri 1 Jawai Selatan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Galuh Damar Ratri, Dwi Fajar Saputri, Eka Trisisnawati, Hifni Hifni, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DILENGKAPI ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI KARAKTERISTIK ZAT DI SMP NEGERI 4 MEMPAWAH HILIR , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Laura Vera Pingkan, Dwi Fajar Saputri, Nurussaniah Nurussaniah, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PELAJARAN FISIKA DI KELAS X SMA NEGERI 09 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Linda Oktavia, Dwi Fajar Saputri, Ira Nofita Sari, PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Weni Farida, Dwi Fajar Saputri, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Ade Tri Detasari, Kim Bely, Ira Nofita Sari, Analisis kultur sekolah di Kota Pontianak , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Mira Batil, Ira Nofita Sari, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studnt Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Sarah Ashari, Diana Diana, Okta Triana, Ira Nofita Sari, ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KOMPUTER DI KALIMANTAN BARAT , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 6 No. 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Selvanus Yudi Prayogo, Anita Anita, Ira Nofita Sari, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA