PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Keywords:
persepsi, minat belajar, trigonometri, sejarah matematika, perangkat pembelajaranAbstract
Matematika menjadi mata pelajaran yang dipersepsikan “sulit” bagi sebagian besar siswa. Salah satu materi matematika yang paling tidak disukai siswa adalah trigonometri karena anggapan bahwa trigonometri adalah pembelajaran yang sulit dan membosankan yang menyebabkan menurunnya minat belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Metode untuk membuat pembelajaran trigonometri menjadi lebih mudah dipahami, lebih bermakna, dan mampu menaikkan minat belajar siswa, salah satunya adalah dengan pembelajaran berbasis sejarah matematika. Penelitian ini mengembangkan pembelajaran berbasis sejarah matematika pada materi trigonometri ini. Hasil analisis pendahuluan menyarankan untuk disusunnya perangkat pembelajaran yang berupa modul ajar, LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), dan sumber-sumber pembelajaran berbasis sejarah untuk siswa dan guru. Modul ajar yang dikembangkan mengimplementasikan pendekatan sejarah matematika pada bagian pertanyaan pemantik dan kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Branch, R. M., (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Clark, Kathleen M., dkk, (2018). Mathematics, Education and History. Springer International Publishing AG.
Daryanto & Dwicahyo, A.. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Doz, D. (2021). Using the History of Mathematics as a Motivational Factor in Teaching Math. ResearchGate.
Fachrudin, A. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika dari Sejarah Matematika: Belajar Pythagoras dari Problem Solving Ancient China Persamaan Kuadrat Babilonia Kuno. Skripsi: STKIP PGRI Sidoarjo.
Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE, 1-14
Kartasasmita, B. G. dan Wahyudin. (2014). Sejarah dan Filsafat Matematika. In: Matematika pada Awal Peradaban Manusia I. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-47
Kemdikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015: Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press.
Panasuk, Regina M. dan Leslie Bolinger Horton. (2012). Integrating History of Mathematics into Curriculum: What are the Chances and Constraints. International Electronic Journal of Mathematics Education.
Prastowo, A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rochmand. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Kreano, 3(2), 59-72
Sari, M. E., dkk. (2022). Matematika Dasar. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Slavin, (2010). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Solehah, M. (2018). Menilik sejarah fungsi trigonometri dari masa ke masa. Physics Today.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendiddikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Wahyu, K. dan Mahfudy S. (2016). Sejarah matematika: alternatif strategi pembelajaran matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89-110.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Shabrina Devi Marella, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN HLT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH LIMASAN , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Nirmala Adinda Fikriah, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Muna Tania Attiba, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SPLDV MENGGUNAK MIT APP INVENTOR , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Wang Achmad Althof Faiq, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS RME MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK PEMBELAJARAN MATERI RASIO DAN PROPORSI , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Ayu Sulistiawati, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN KONTEN BELAJAR DIGITAL BERBASIS STORYTELLING MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Raka Wiratama, Shofan Fiangga, PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU YU-GI-OH! , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)