PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SPLDV MENGGUNAK MIT APP INVENTOR

Authors

  • Muna Tania Attiba Universitas Negeri Surabaya
  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

media pembelajaran, MIT app inventor, SPLDV

Abstract

Materi SPLDV adalah materi yang banyak hubungannya dengan kehidupan sehari-hari, materi ini adalah pengetahuan awal yang harus dikuasai siswa untuk mempelajari materi selanjutnya, diantaranya yaitu SPLTV. Tetapi pada kenyataanya banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Berdasarkan hasil analisis lapangan dihasilkan bahwa siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita kontekstual yang berkaitan dengan materi SPLDV, diantaranya adalah mengubah soal cerita kedalam model matematika, rendahnya pemahaman siswa terhadap soal, serta kesulitan siswa menentukan penyelesaian dari beberapa metode penyelesaian SPLDV. Peneliti ini mengembangkan media pembelajaran berbasis android materi SPLDV yang diharapkan dapat mempermudah meningkatkan pemahaman siswa. Hasil analisis penelitian yang relevan diperoleh bahwa penggunaan MIT App Inventor menjadi salah satu alternatif yang optimal dalam mengajar SPLDV, Desain aplikasi yang dikembangkan memuat konten materi dan kuis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran matematika berbasis android pada materi program linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161-170.

Efendi, A. A. (2016). Bermain dan Belajar dengan App Inventor. MB Dev.

Fajrina, A. E. (2017). Pengembangan Mobile Encyclopedia berbasis android sebagai media pembelajaran mandiri. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Sipil (JEPTS), 5(8), 8.

Fariansyah, A. H., & Septiana, L. (2019). Animasi Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Sekolah Dasar Kelas Iv Berbasis Android. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 4(2), 74-82.

Feriatna, T., Pramuditya, S. A., & Aminah, N. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Lemma, 4(1), 65-75.

Gandana, G. (2019). Literasi ICT & Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Kadir, A. (2018). Langkah Mudah Pemrograman Android Menggunakan App Inventor 2 Ultimate. Elex Media Komputindo.

Khotijah, S., & Driyani, D. (2020). Rancang Bangun Edukasi Hardware Komputer Berbasis Android Menggunakan App Inventor Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Informatika SIMANTIK, 5(1), 16-21.

Kurnia Aditama, A. A., & Diafari Djuni, H. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Pendataan Warga Banjar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah SPEKTRUM, 1(1).

Lamada, M. S., & Ramadhani, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan MIT App Inventor Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. Information Technology Education Journal, 2(2), 27-33.

Leuw, J. E., Andjarwirawan, J., & Wibowo, A. (2013). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Matematika untuk Android Mobile dengan Komunikasi Device-Server. Jurnal Infra, 1(2), 7-12.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Mubarok, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis pencapaian siswa SMP dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel di smpn 1 campaka mulya-cianjur. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 507-516.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Mulyana, D., & Phd, M. A. (2022). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paujiah, S. R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 280-284.

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(5).

Zakiy, M. A., Syazali, M., & Farida, F. (2018). Pengembangan media android dalam pembelajaran matematika. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(2), 87-96.

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)