PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS RME MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK PEMBELAJARAN MATERI RASIO DAN PROPORSI

Authors

  • Wang Achmad Althof Faiq Universitas Negeri Surabaya
  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

RME, media pembelajaran interaktif, matematika, adobe animate

Abstract

Rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika berpengaruh terhadap kesulitan belajar matematika siswa. Untuk bisa membantu siswa yang kesulitan belajar tersebut perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika yang salah satunya adalah dengan inovasi menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media interaktif matematika berbasis RME dengan menggunakan software adobe animate. Pembelajaran menjadi bermakna ketika siswa menemukan sendiri konsep-konsep matematika. RME menggunakan konteks dunia nyata sebagai titik berangkat untuk belajar. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi perbandingan rasio disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kemampuan dalam penalaran proporsional yang rendah. Kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam penyelesaian masalah rasio dan proporsional diantaranya yaitu: 1) Hitungan tidak berpola, 2) Strategi aditif, dan 3) Percobaan strategi persamaan. Berdasarkan hasil analisis, desain media pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan memuat prinsip dan karakteristik RME yang tertuang pada materi dan kuis interaktif yang dikembangkan melalui masalah konstekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ball, L, & Barzel, B. (2018). Communication When Learning and Teaching Mathematics with Technology. 227-243.

Bray, A, & Tangney, B. (2017). Technology Usage in mathematics education research - A systematic review of recent trends. Computers and Education, 255-273.

Eka, R. (2012). Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII SMP Negeri II Beji Pasuruan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Mahasiswa UNESA.

Fadaee, M. R., Eslami, E., & Fahardian, M. (2008). Heuristic Strategies Training with the Use of Cooperative Computer-Assisted Instruction in Mathematical Problem Solving. Information Technology Journal, 326-331.

Fatmaningrum, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMP.

Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. Kluwer Academic Publishers.

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 66-87.

Livy, S., & Vale, C. (2012). First Year Pre-service Teachers’ Mathematical Content Knowledge: Methods of Solution for a Ratio Question.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. deepublish.

Meyta Fitrani, L., Ekawati, R. (2018). The Development Of Interactive Mathematics Multimedia For Learning Trigonometry With Realistic Mathematics Education (Rme) Approach. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Rahmasantika, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Desain Pembelajaran Perbandingan Senilai Menggunakan Guided Inquiry. Journal of Honai Math, 85-102.

Rahmawati, S. E. (2016). Kertas Berpetak Pada Pembelajaran Perbandingan Senilai. In Journal Elemen, 2(2).

Utari, R. S. (2017). Desain Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Resep Empek-Empek Untuk Medukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 103-121.

Yuwono, I. (2001). Pembelajaran Matematika Secara Membumi. FMIPA UN Malang.

Zbiek, R. M., Heid, M. K., Blume, G. W., & Dick, T. P. (2007). Research on Technology in Mathematics Education: A Perspective of Constructs. 1169-1207.

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)