PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS RME MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK PEMBELAJARAN MATERI RASIO DAN PROPORSI
Keywords:
RME, media pembelajaran interaktif, matematika, adobe animateAbstract
Rendahnya minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika berpengaruh terhadap kesulitan belajar matematika siswa. Untuk bisa membantu siswa yang kesulitan belajar tersebut perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika yang salah satunya adalah dengan inovasi menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media interaktif matematika berbasis RME dengan menggunakan software adobe animate. Pembelajaran menjadi bermakna ketika siswa menemukan sendiri konsep-konsep matematika. RME menggunakan konteks dunia nyata sebagai titik berangkat untuk belajar. Kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam memahami materi perbandingan rasio disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kemampuan dalam penalaran proporsional yang rendah. Kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam penyelesaian masalah rasio dan proporsional diantaranya yaitu: 1) Hitungan tidak berpola, 2) Strategi aditif, dan 3) Percobaan strategi persamaan. Berdasarkan hasil analisis, desain media pembelajaran berbasis RME yang dikembangkan memuat prinsip dan karakteristik RME yang tertuang pada materi dan kuis interaktif yang dikembangkan melalui masalah konstekstual.
Downloads
References
Ball, L, & Barzel, B. (2018). Communication When Learning and Teaching Mathematics with Technology. 227-243.
Bray, A, & Tangney, B. (2017). Technology Usage in mathematics education research - A systematic review of recent trends. Computers and Education, 255-273.
Eka, R. (2012). Penalaran Proporsional Siswa Kelas VII SMP Negeri II Beji Pasuruan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Mahasiswa UNESA.
Fadaee, M. R., Eslami, E., & Fahardian, M. (2008). Heuristic Strategies Training with the Use of Cooperative Computer-Assisted Instruction in Mathematical Problem Solving. Information Technology Journal, 326-331.
Fatmaningrum, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Proporsional Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas VIII SMP.
Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. Kluwer Academic Publishers.
Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 66-87.
Livy, S., & Vale, C. (2012). First Year Pre-service Teachers’ Mathematical Content Knowledge: Methods of Solution for a Ratio Question.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. deepublish.
Meyta Fitrani, L., Ekawati, R. (2018). The Development Of Interactive Mathematics Multimedia For Learning Trigonometry With Realistic Mathematics Education (Rme) Approach. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Rahmasantika, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Desain Pembelajaran Perbandingan Senilai Menggunakan Guided Inquiry. Journal of Honai Math, 85-102.
Rahmawati, S. E. (2016). Kertas Berpetak Pada Pembelajaran Perbandingan Senilai. In Journal Elemen, 2(2).
Utari, R. S. (2017). Desain Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Resep Empek-Empek Untuk Medukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 103-121.
Yuwono, I. (2001). Pembelajaran Matematika Secara Membumi. FMIPA UN Malang.
Zbiek, R. M., Heid, M. K., Blume, G. W., & Dick, T. P. (2007). Research on Technology in Mathematics Education: A Perspective of Constructs. 1169-1207.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Shabrina Devi Marella, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN HLT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH LIMASAN , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Nirmala Adinda Fikriah, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Muna Tania Attiba, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SPLDV MENGGUNAK MIT APP INVENTOR , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Ayu Sulistiawati, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN KONTEN BELAJAR DIGITAL BERBASIS STORYTELLING MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Aprisa Hidayah, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Raka Wiratama, Shofan Fiangga, PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU YU-GI-OH! , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)