PENGEMBANGAN KONTEN BELAJAR DIGITAL BERBASIS STORYTELLING MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN

Authors

  • Ayu Sulistiawati Universitas Negeri Surabaya
  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

kesebangunan, sejarah matematika, Liu Hui, komik digital, storytelling

Abstract

Materi kesebangunan merupakan salah satu materi bagian dari geometri yang wajib dipelajari pada tingkat SMP atau MTs. Namun materi tersebut masih dianggap sulit bagi peserta didik. Dari hasil analisis beberapa penelitian didapati bahwa hasil belajar peserta didik relatif rendah dan belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Bermula dari media pembelajaran yang kurang bervariasi hingga penekanan hafalan rumus yang terlalu banyak menjadi penyebab proses belajar mengajar menjadi monoton dan kurang bermakna. Dengan demikian guru dituntut menciptakan pembelajaran melalui pengembangan media belajar yang tepat. Penelitian ini mengembangkan dan mengimplementasikan penggunaan konten belajar digital yang disajikan melalui storytelling dengan pendekatan sejarah matematika. Pengaplikasian sejarah matematika pada media ini berguna agar peserta didik memahami materi kesebangunan melalui kilas balik kisah Liu Hui dalam menerapkan prinsip in and out principle sebagai alternatif penyelesaian dalam mengukur ketinggian menara di eranya. Pengimplementasian sejarah ini dikemas dalam bentuk konten belajar melalui model komik digital berbasis storytelling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batubara, H. H. (2020). Model Penelitian dan Pengembangan Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Fadilah, R. & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826.

Fiangga, S., Rosyidi, A. H. & Siswono, T. Y. E. (2017). Integrasi Sejmat. Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 294–300.

Ganefri, H, H., Yulastri, A., Mardin, A., Sriwahyuni, D., & Zoni, A. A. (2018). Perangkat Pembelajaran Pedagogi Entrepreneurship Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Produk Di Pendidikan Vokasi. Seminar Nasional Edusainstek, 23-32.

Hidayat, F. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 28-37.

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Simposium Nasional Ilmiah, 158-170. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444.

Julianingsih, D. & Krisnawati, E. (2020). Efektivitas Video Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 129-139. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.975.

Kristianti, T. (2022). Strategi Penguatan Literasi, Numerasi Dan Teknologi Di UPT SDN 84 Gresik. Communnity Development Journal, 3(3), 1597-1604.

Liansari, V. & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241-252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397.

Manalu, M. A., Hartono, Yusuf, & Aisyah, N. (2017). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Nilai Karakter pada Materi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 35-48. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.305

Nawawi, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Panasuk, R. & Horton, L. B. (2013). Integrating History of Mathematics into the Classroom: Was Aristotle Wrong? Journal of Curriculum and Teaching, 2(2), 37–46. https://doi.org/10.5430/jct.v2n2p37

Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Rahmata, A., Tuljannah, L., Chotimah, S. C., & Fiangga, S. (2020). Validitas E-Comic Matematika Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Kesebangunan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.53-65

Ratheeswari, K. (2018). Recent Trend of Teaching Methods in Education. India Journal of Applied and Advanced Research, 3(3), 45–47.

Rosadi, A. F., Nurhalizah, F., Kusumawardani, S., & Marini, A. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas 2 Sd Berbasis Digital Storytelling. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 413-420. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Syawala, A. N. & Auliya, F. (2023). Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika) Pengembangan Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan INFO ARTIKEL Original Research. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 06, 95–107. https://doi.org/10.37150/XXXXX-XX-0000-00

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)