PENGEMBANGAN HLT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH LIMASAN

Authors

  • Shabrina Devi Marella Universitas Negeri Surabaya
  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

HLT, PMRI, barisan dan deret aritmetika, rumah limasan

Abstract

Materi barisan dan deret aritmetika adalah materi yang penting di kelas X SMA. Kenyataan yang ditunjukkan di lapangan, siswa memiliki kebingungan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan materi barisan dan deret aritmetika tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendesain dan mengembangkan HLT menggunakan pendekatan PMRI pada materi barisan dan deret aritmetika menggunakan konteks lokal rumah adat Jawa Limasan. Konteks rumah Limasan memiliki atap berbentuk trapesium sama kaki yang tanpa disadari dalam penyusunan gentingnya memiliki pola yang menggunakan unsur matematika didalamnya yaitu barisan dan deret aritmetika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu design research. Penelitian ini menghasilkan Iceberg/gunung es pada materi Barisan dan Deret Aritmetika. Iceberg/gunung es pada materi Barisan dan Deret Aritmetika terdiri dari 4 kegiatan yaitu menggunakan konteks nyata rumah limasan yaitu gentinngnya, merepresentasikan genting rumah limasan ke bentuk matematis, merepresentasikan bentuk matematis tersebut ke bentuk yang lebih tinggi, dan kemudian menemukan rumus barisan dan deret aritmetika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue April). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. Educational Design Research, January 2006, 17–51. https://doi.org/10.4324/9780203088364-12

Gravemeijer, K., & Eerde, D. van. (2009). GravemeijervanEerde (pp. 109(5), 510–524). The Elementary School Journal. https://doi.org/10.1086/596999

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Frudental Institute.

Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2020). Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 283. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118

Hartati, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Memahami Materi Barisan dan Deret. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(2), 85–95. https://doi.org/10.33627/sm.v5i2.728

Hidayati, I., Deciku, B., & Azizah, T. (2022). Hypothetical Learning Trajectory Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Realistic Mathematics Education. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 109. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14933

Indriani, H., Ratu Ilma Indra Putri, & Darmawijo. (2018). Lintasan belajar barisan dan deret aritmatika dengan pendekatan pmri menggunakan konteks kain songket palembang. Prosiding Seminar Nasional Stkip Pgri Sumatera Barat, 4(1), 192–199.

Maifa, T. S. (2021). Lintasan Belajar Geometri Transformasi Dengan Menggunakan Konteks Kain Buna. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.696

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Pembelajaran dan Asesmen – Pusat Kurikulum dan Pembelajaran. Kelas 10. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/pembelajaran/

Rohmah, K. R. (2020). Wujud Kebudayaan Jawa Dalam Bentuk Rumah Limasan. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 26(02), 388–405. https://doi.org/10.30631/nazharat.v26i02.35

Sapitri, M., Fauziah, A., & Friansah, D. (2022). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Pada Kelas Vii Smpn 11 Rejang Lebong. Jurnal Perspektif Pendidikan, 16(2), 259–270. https://doi.org/10.31540/jpp.v16i2.1977

Webb, D. C. (2017). The Iceberg Model: Rethinking Mathematics Instruction from a Student Perspective. Annual Perspectives in Mathematics Education: Reflective and Collaborative Processes to Improve Mathematics Teaching, November, 201–209.

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)