PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU YU-GI-OH!
Keywords:
aljabar, persamaan linear, team games tournament, trading card game, Yu-Gi-Oh!Abstract
Dalam mempelajari materi persamaan linear, salah satu kesulitan dalam belajar aljabar adalah “kesalahan siswa dalam menterjemahkan dari satu model presentasi ke model presentasi yang lain”, sedangkan faktor yang berpengaruh dalam kekurangpahaman siswa untuk mempelajari aljabar salah satunya yaitu penggunaan alat peraga dari guru yang kurang optimal. Salah satu cara untuk mengatasi adalah dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda, Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dengan menggunalan alat peraga yang unik, salah satunya dengan menggunakan media Trading Card Game yaitu Yu-Gi-Oh!. Konten yang ada di kartu TCG ini meliputi kartu asli maupun custom yang memiliki efek yang berkaitan dengan persamaan linear dan aturan permainan yang dimodifikasi untuk mempermudah permainan. Setelah perancangan kartu khusus yang dilakukan, maka didapatkanlah prototipe kartu yang mengintegrasikan aspek-aspek pembelajaran persamaan linear di dalamnya dan siap diujikan dalam aspek mekanik penggunaan kartu tersebut dalam permainan serta keefektifannya utuk mengajarkan materi persamaan linear kepada siswa.
Downloads
References
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11 Nomor 1, 1-15.
Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1-5.
David-Marshall, B., Dreunen, J. v., & Wang, M. (2010). Trading Card Game Industry - From the T to the C to the G. New York: SuperData Research, Inc.
Daynasti, C. C., Linuwih, S. (2021). The Development of Learning Media Based on Yu-Gi-Oh Physics Smart Card (YOPSA) To Increase Learning Interest Of Student On The Static Fluid Material. J. Phys.: Conf. Ser. 1918 022020
Hargawinanda, R. (2018). Influence of Motivation to Result of Cognitive Learning in Intergrated Natural Sciences Model Team Games Tournament (TGT) Assistance by Yugioh Card. Semarang: Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Hidayati, F. (2012). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta .
Putra, I. G. P. N. H. P., Ariawan, K. U., Arsa, I. P. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 106-115.
Silva, D. J. (2019). Yu-Gi-Oh: Playing with Mathematics. Brazil: Histórias de aulas de Matemática.
Downloads
Published
Issue
Section
Most read articles by the same author(s)
- Shabrina Devi Marella, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN HLT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH LIMASAN , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Nirmala Adinda Fikriah, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Muna Tania Attiba, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SPLDV MENGGUNAK MIT APP INVENTOR , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Wang Achmad Althof Faiq, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS RME MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK PEMBELAJARAN MATERI RASIO DAN PROPORSI , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Ayu Sulistiawati, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN KONTEN BELAJAR DIGITAL BERBASIS STORYTELLING MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)
- Aprisa Hidayah, Shofan Fiangga, PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI PENDEKATAN SEJARAH MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA , PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP): Vol. 3 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPP)