PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU YU-GI-OH!

Authors

  • Raka Wiratama Universitas Negeri Surabaya
  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

aljabar, persamaan linear, team games tournament, trading card game, Yu-Gi-Oh!

Abstract

Dalam mempelajari materi persamaan linear, salah satu kesulitan dalam belajar aljabar adalah “kesalahan siswa dalam menterjemahkan dari satu model presentasi ke model presentasi yang lain”, sedangkan faktor yang berpengaruh dalam kekurangpahaman siswa untuk mempelajari aljabar salah satunya yaitu penggunaan alat peraga dari guru yang kurang optimal. Salah satu cara untuk mengatasi adalah dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda, Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, dengan menggunalan alat peraga yang unik, salah satunya dengan menggunakan media Trading Card Game yaitu Yu-Gi-Oh!. Konten yang ada di kartu TCG ini meliputi kartu asli maupun custom yang memiliki efek yang berkaitan dengan persamaan linear dan aturan permainan yang dimodifikasi untuk mempermudah permainan. Setelah perancangan kartu khusus yang dilakukan, maka didapatkanlah prototipe kartu yang mengintegrasikan aspek-aspek pembelajaran persamaan linear di dalamnya dan siap diujikan dalam aspek mekanik penggunaan kartu tersebut dalam permainan serta keefektifannya utuk mengajarkan materi persamaan linear kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, Volume 11 Nomor 1, 1-15.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 1-5.

David-Marshall, B., Dreunen, J. v., & Wang, M. (2010). Trading Card Game Industry - From the T to the C to the G. New York: SuperData Research, Inc.

Daynasti, C. C., Linuwih, S. (2021). The Development of Learning Media Based on Yu-Gi-Oh Physics Smart Card (YOPSA) To Increase Learning Interest Of Student On The Static Fluid Material. J. Phys.: Conf. Ser. 1918 022020

Hargawinanda, R. (2018). Influence of Motivation to Result of Cognitive Learning in Intergrated Natural Sciences Model Team Games Tournament (TGT) Assistance by Yugioh Card. Semarang: Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

Hidayati, F. (2012). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta .

Putra, I. G. P. N. H. P., Ariawan, K. U., Arsa, I. P. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 106-115.

Silva, D. J. (2019). Yu-Gi-Oh: Playing with Mathematics. Brazil: Histórias de aulas de Matemática.

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)