PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR

Authors

  • Nirmala Adinda Fikriah Universitas Negeri Surabaya
  • Shofan Fiangga Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

game edukasi, media Role Playing Game (RPG), RPG maker MZ, sistem persamaan linear

Abstract

Materi Sistem Persamaan Linear (SPL), yang merupakan bagian integral dari kurikulum kelas X sekolah menengah, menimbulkan tantangan bagi siswa, terutama ketika memecahkan masalah berbentuk cerita. Penelitian menunjukkan bahwa siswa sering melakukan kesalahan pada aspek bahasa, prasyarat, dan terapan, yang dapat dikaitkan dengan kurangnya pengetahuan aljabar, ketidaktahuan dengan pemecahan masalah, dan model kelas yang kurang efektif. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik, seperti game edukasi, yang dapat meningkatkan motivasi dan memfasilitasi pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis game edukasi menggunakan software RPG Maker MZ untuk membantu guru dalam mengajarkan materi Sistem Persamaan Linear dan membantu siswa dalam memahaminya. Hasil analisis menunjukkan Role Playing Games (RPGs), dapat membantu siswa menghindari math anxiety dan memberikan nuansa belajar yang menyenangkan. Game yang dikembangkan terdiri dari gameplay yang karakternya diminta untuk menyelesaikan permasalahan SPL sembari menamatkan permainan RPG tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin, I. (2018). Mobile Learning Development of Games Based Model Using RPG Maker MV in Ecosystem Concept. International Conference on Mathematics and Science Education, 3, 29–34.

Farid, M. (2021). Pengembangan Role Playing Game (RPG) Berbasis Android untuk Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 470–479.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Hardianto, T. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Game Edukasi Bangun Datar Segi Empat dengan Software RPG Maker bagi Siswa Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas - FKIP UKSW, 397–403.

Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 79–89. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/6131/9_Ummi Khasanah 79_89.pdf?sequence=1

Marendra, R., Hasyim, N., & Taufik, M. (2016). Perancangan Game Edukasi Berbasis Matematika untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Dasar. Repositori UDiNus, 2(2), 1–11.

Mubharokh, A. S., Afgani, M. W., & Paradesa, R. (2021). Pengembangan Game Edukasi Matematika Berbasis Komputer pada Materi Pola Bilangan. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 33–43. Retrieved from https://doi.org/10.21831/pg.v16i1.34376

Muhtasyam, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android dengan Bantuan Software Construct 2 pada Materi Aljabar. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO). Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 6(2), 106–118. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/321193593_APLIKASI_GAME_GEOGRAFI_BERBASIS_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_STUDI_KASUS_SISWA_KELAS_IX_SMPN_1_RAO

Puspita, R. M., & Syamsuri. (2022). Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1286–1294. Retrieved from https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3488

Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 189–199. Retrieved from https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4785

Ridoi, M. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2. Malang: Maskha.

Serina, Kadarisma, G., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis kesuliatan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1079–1086. Retrieved from https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1079-1086

Shofa, H. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Role Playing Games (RPG) Menggunakan Software RPG Maker VX Ace pada Materi Pokok Segitiga. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Siasa, A. S., Salam, M., & Suhar. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X1 MA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 1–14.

Syahda, U., Yuhana, Y., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 336–349.

Wulandari, S., Ainy, C., & Suprapti, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Interaktif Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS3 pada Materi pokok Trigonometri Kelas X SMKN 10 Surabaya. MUST: Journal of Mathematucs Education, Science and Technology, 2(2), 165–177.

Downloads

Published

2024-01-13

Most read articles by the same author(s)