UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMATIK PADA SISWA MAN 2 PONTIANAK

Authors

  • Rina Rina IKIP PGRI PONTIANAK
  • Rika Anggela IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v7i1.1496

Keywords:

ular tangga tematik, hasil belajar,

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi tentang penggunaan alat peraga ular tangga tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Geografi di kelas XI IPS MAN 2 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sedangkan bentuk penelitiannya  adalah penelitian tindakan kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru Geografi dan siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 38 siswa. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes, angket dan dokumentasi. Analisisi data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Penggunaan alat peraga ular tangga tematik dalam pembelajaran geografi siklus I dan siklus II diperoleh bahwa Penggunaan alat peraga ular tangga tematik yang dilakukan  dosen baik sekali, 2) Hasil belajar siswa Pra Siklus dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,7%, siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 42,1%, siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil belajar terjadin peningkatan yang signifikan sehingga membawa dampak positif terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Rina, R. and Anggela, R. (2020) “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMATIK PADA SISWA MAN 2 PONTIANAK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(1), pp. 1–11. doi: 10.31571/sosial.v7i1.1496.

Most read articles by the same author(s)