Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Geografi IKIP PGRI Pontianak

Authors

  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak
  • Rika Anggela IKIP PGRI Pontianak
  • Ivan Veriansyah IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.997

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara jelas, objektif dan sistematis tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada mata kuliah pengantar geografi. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi eksperimen dengan model pretest postest control group desaign.Populasi dalam penelitian ini  adalah mahasiswa semester 2 IKIP PGRI Pontianak dan sampel dalam penelitian adalah kelas A dan B. kelas A yang berjumlah 35 orang dan kelas B yang berjumlah 35 orang. Instrumen pengumpulan data berupa soal  tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus rata-rata (mean) dan dengan menggunakan rumus t-test Hasil penelitian, diketahui (1) Hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen adalah 40,14 tergolong kurang baik (2) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada kelas eksperimen adalah 82 tergolong baik (3) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar mahasiswa di peroleh hasil H0 di tolak dan Ha diterima, dibuktikan dengan hasil Effect Size  0,63 yang tergolong sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-01

How to Cite

Rina, R., Anggela, R. and Veriansyah, I. (2018) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Geografi IKIP PGRI Pontianak”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), pp. 304–314. doi: 10.31571/sosial.v5i2.997.

Most read articles by the same author(s)