INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MASA COVID 19 DI SEKOLAH DASAR

Rina Rina, Rika Anggela

Abstract


     Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapat informasi secara terperinci mengenai Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada masa pandemi covid 19 di Sekolah Dasar 34 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskripstif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan Kepala Sekolah di SD Negeri 34 Pontianak kota. Alat pengumpulan datanya yaitu lembar observasi, Wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif dengan Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber.

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pelaksanaan program Adiwiyata mandiri, SD 34 Pontianak Kota mengembangkan program Adiwiyata dan memasukan konsep lingkungan kedalam Visi dan Misi sekolah. Implemetasi program Adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan siswa SD 34 Pontianak Kota terdapat pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) setiap mata pelajaran dengan penerapan teori maupun praktek

 


 


Keywords


Pendidikan Lingkungan Hidup, Karakter Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adam, A. F. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang. Jurnal Kebijakna dan Pengembangan Pendidikan, 166-168.

Hamzah, S. (2013). Pendidikan Liongkungan . Bandung: Regika Aditama.

Hidayatun, N. L. (2016). Studi Deskriptif Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Tonggala Klaten. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1948-1950.

Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mumpuni, A. (2016). Muatan Nilai-nilai karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal pendidikan Karakter, 18-19.

Murtilaksono, A. (2011). Secondary And Higher Education For Development Of In Indonesia. Journal of Developmentin Sustainable Agricultural, 35-44.

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. (2011). Panduan adiwiyata Sekolah Pediuli Lingkungan dan Berbudaya Lingkungan, Kerjasama Kementerian Lingkungan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Vindriyana, R. (2017). Upaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Ekstrakurikuler KPLH di SMAN 2 Temanggung. Jurnal Hanata Widya, 29-30.




DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rina Rina, Rika Anggela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial

IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Pontianak, Kalimantan Barat 78116 Telp. (0561) 748219
e-mail: sosial.ikipgpriptk@gmail.com


View My Stats | p-ISSN: 2407-5299 | e-ISSN: 2407-5302