INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MASA COVID 19 DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3176Keywords:
Pendidikan Lingkungan Hidup, Karakter Peduli LingkunganAbstract
    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapat informasi secara terperinci mengenai Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada masa pandemi covid 19 di Sekolah Dasar 34 Pontianak Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Deskripstif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan Kepala Sekolah di SD Negeri 34 Pontianak kota. Alat pengumpulan datanya yaitu lembar observasi, Wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif dengan Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber.
Hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pelaksanaan program Adiwiyata mandiri, SD 34 Pontianak Kota mengembangkan program Adiwiyata dan memasukan konsep lingkungan kedalam Visi dan Misi sekolah. Implemetasi program Adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan siswa SD 34 Pontianak Kota terdapat pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) setiap mata pelajaran dengan penerapan teori maupun praktek
Â
Â
Downloads
References
Adam, A. F. (2014). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo Malang. Jurnal Kebijakna dan Pengembangan Pendidikan, 166-168.
Hamzah, S. (2013). Pendidikan Liongkungan . Bandung: Regika Aditama.
Hidayatun, N. L. (2016). Studi Deskriptif Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Muhammadiyah Tonggala Klaten. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1948-1950.
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mumpuni, A. (2016). Muatan Nilai-nilai karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas II. Jurnal pendidikan Karakter, 18-19.
Murtilaksono, A. (2011). Secondary And Higher Education For Development Of In Indonesia. Journal of Developmentin Sustainable Agricultural, 35-44.
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Adiwiyata Tingkat Nasional. (2011). Panduan adiwiyata Sekolah Pediuli Lingkungan dan Berbudaya Lingkungan, Kerjasama Kementerian Lingkungan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Vindriyana, R. (2017). Upaya Sekolah dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Ekstrakurikuler KPLH di SMAN 2 Temanggung. Jurnal Hanata Widya, 29-30.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Sosial Horizon prior to the publication.
Most read articles by the same author(s)
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina, HUBUNGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR GEOGRAFI DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN GEOGRAFI IKIP PGRI PONTIANAK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 6 No. 1 (2019): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Eviliyanto Eviliyanto, Rina Rina, PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 8 No. 1 (2021): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rina Rina, Rika Anggela, Ivan Veriansyah, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Geografi IKIP PGRI Pontianak , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 2 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rina Rina, Rika Anggela, UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA TEMATIK PADA SISWA MAN 2 PONTIANAK , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 7 No. 1 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina, PENINGKATAN CREATIVE INTELEGENCY (KECERDASAN KREATIF) SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 7 No. 2 (2020): SOSIAL HORIZON: JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL
- Rika Anggela, Rina Rina, PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 9 No. 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina, Penerapan Pembelajaran Group Investigation Dalam Meningkatkan Keterampilan Penulisan Desain Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Suherdiyanto Suherdiyanto, Endah Evy Nurekawati, Wiwik Cahyaningrum, PENERAPAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MATA KULIAH SEMINAR KULIAH GEOGRAFI , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 4 No. 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rina Rina, Rika Anggela, Ivan Veriansyah, Penggunaan Video Dikombinasikan dengan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Pontianak , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 5 No. 1 (2018): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
- Rika Anggela, Rina Rina, PENGARUH MODEL EXPERENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR , Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial: Vol. 10 No. 2 (2023): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial