PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS E-BOOK

Authors

  • Suherdiyanto Suherdiyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Adhitya Prihadi
  • Fheerdhy Alkadita

DOI:

https://doi.org/10.31571/sosial.v9i2.4597

Keywords:

Media pembelajaran, efektivitas, e-book.

Abstract

Media merupakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses bagian integral dari bidang pendidikan. Media sangat berguna untuk menggambarkan subjek agar lebih jelas, lebih pendek, dan lebih menyenangkan. Karena ketersediaan dan kebutuhan smartphone di perguruan tinggi, penggunaan sumber belajar berbasis e-book dipilih. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan ahli materi pada media pembelajaran   berbasis e-book, 2) Untuk mengetahui kelayakan ahli media pada media pembelajaran   berbasis e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R & D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keseluruhan rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 76,94. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori layak, serta keseluruhan rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 80,3, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25< skor ≤100% dengan kategori sangat layak. 2) efektivitas penggunaan media pembelajaran e-book menghasilkan perhitungan n-gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Hasil demikian dapat membantu kegiatan pembelajaran namun terdapat kendala yang harus dikembangkan lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Belvedere, V., Grando, A., & Bielli, P. (2013). A quantitative investigation of the role of Information and Communication Technologies in the implementation of a product-service system. International Journal of Production Research, 51(2), 410–426. https://doi.org/10.1080/00207543.2011.648278

Depdiknas. (2003). UU No 20 Th 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Fatmawati, N., & Basuki, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Pbi Dan Konsep Diri Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Di Kelas X Av Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 183–191.

Figueiredo, M., Bidarra, J., & Bostad, R. (2016). The development of an ebook for teaching and learning mathematics. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 9739, 49–56. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40238-3_5

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data forIntroductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66, 64–74.

Hamdani, H., Yanto, D. T. P., & Maulana, R. (2019). Validitas Modul Tutorial Gambar Teknik dan Listrik dengan Autocad. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 83–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.491

Hasan, M. F., Suyatna, A., & Suana, W. (2018). Development of Interactive E-book on Energy Resources to Enhance Student’s Critical Thinking Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 109. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i2.3114

Huang, Y. M., Liang, T. H., Su, Y. N., & Chen, N. S. (2012). Empowering personalized learning with an interactive e-book learning system for elementary school students. Educational Technology Research and Development, 60(4), 703–722. https://doi.org/10.1007/s11423-012-9237-6

Lim, E. L., & Hew, K. F. (2014). Students’ perceptions of the usefulness of an E-book with annotative and sharing capabilities as a tool for learning: a case study. Innovations in Education and Teaching International, 51(1), 34–45. https://doi.org/10.1080/14703297.2013.771969

Mastrianto, A., Sariyatun, S., & Suryani, N. (2020). Development of History-Based Digital Book Based on the 19th Century Lampung’s People Army Struggle in Local History Lessons. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 809–819. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.943

Mouri, K., Uosaki, N., & Ogata, H. (2018). International Forum of Educational Technology & Society Learning Analytics for Supporting Seamless Language Learning using E-book with Ubiquitous Learning System. Source: Journal of Educational Technology & Society, 21(2), 150–163.

Ogata, H., Yin, C., Oi, M., Okubo, F., Shimada, A., Kojima, K., & Yamada, M. (2015). E-book-based learning analytics in University education. Proceedings of the 23rd International Conference on Computers in Education, ICCE 2015, 401–406.

Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding SEMATEKSOS 3 “Strategi Pembangunan Nasional MenghadapiRevolusiIndustri 4.0†REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (pp. 22–27).

Rahmad, R., Yuniastuti, E., & Wirda, M. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio 8.5 Pada Matakuliah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 97–110.

Raihan, S., Haryono, & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, 7(1), 7–14.

Sabtaningrum, F. E., Wiyokusumo, I., & Leksono, I. P. (2020). E-book Tematik Terpadu Berbasis Multikultural Dalam Kegiatan SFH ( School from Home ). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 153–162.

Schugar, H. R., Smith, C. A., & Schugar, J. T. (2013). Teaching with interactive picture E-books in grades K- 6. In Reading Teacher (Vol. 66, Issue 8, pp. 615–624). https://doi.org/10.1002/TRTR.1168

Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Tian, X., & Martin, B. (2011). Impacting Forces on eBook Business Models Development. Pub Res Q (Springer), 27, 230–246. https://doi.org/10.1007/s12109-011-9229-0

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325

Wulandari, Y. (2017). Kelayakan Aspek Materi Dan Media Dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 3(2). https://doi.org/10.22202/jg.2017.v3i2.2049

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Suherdiyanto, S., Prihadi, A. and Alkadita, F. (2022) “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS E-BOOK”, Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2), pp. 131–142. doi: 10.31571/sosial.v9i2.4597.

Most read articles by the same author(s)