PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MITIGASI BENCANA BANJIR PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI MIPA DI SMA N 1 SUNGAI KAKAP
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpsa.v6i1.6237Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, Mitigasi BanjirAbstract
Downloads
References
Alkadri, R., Festiyed, F., & Asrizal, A. (2019). Meta Analisis Bahan Ajar Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Alam terhadap Kompetensi Peserta Didik. Pillar of Physics Education, 857-864 .
Hamzah, I., Puspaningtyas, N. D., Amelia, D., Parjito, P., Gulo, I., & Romadhona, W. (2023). Pendampingan Pembuatan Materi Ajar Menggunakan Aplikasi Canva di SMA Negeri 2 Kota Agung. EKNOMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia, 47-54.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1224-1238.
Julisma, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kelas VIII Smp N 1 Mempawah Hilir Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Gaya. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 106-119.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 138-151.
Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Lampung: Universitas Islam Lampung.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 25-33.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 70-80.
Matsun, M., Sari, I. N., & Boisandi, B. (2020). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Karakter dengan Pendekatan Kearifan Lokal Kalimantan Barat. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 162-172.
Nasution, B., Siregar, I. F., & Hasibuan, N. (2022). Bahan Ajar Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Karakter pada Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 304-310.
Rahiem, M. D., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. urnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 36-50.
Rusyadi, A. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Lampung: S2 IPA UNLAM PRESS.
Salsabila, F. (2021). Pengembangan E-modul Fluida Statis Bermuatan Mitigasi Bencana Banjir Kelas XI SMA. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Wekke, I. S. (2021). Mitigasi Bencana. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Conference Proceedings Volume
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Most read articles by the same author(s)
- 1Ita purnamsari, Handy Darmawan, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUSBERUBAH BERATURAN DIKELAS X SMA NEGERI 3BENGKAYANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Siti Maria, Dwi Fajar Saputri, Eti Sukadi, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Deti Novianti Wulandari, Anita Anita, Eka Trisianawati, pengembangan bahan ajar fisika berbasis buku fabel berkarakter pada materi gerak lurus beraturan , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Selly Maranthika, Eti Sukadi, EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI UNTUK MEREMEDIASI KESALAHAN SISWA PADA MATERI TUMBUKAN DI KELAS XI IPA SMA KRISTEN ABDI WACANA PONTIANAK , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Weni Farida, Dwi Fajar Saputri, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBURAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 3 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Mike Evelina, Eti Sukadi, Soka Hadiati, PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Selvanus Yudi Prayogo, Anita Anita, Ira Nofita Sari, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk Mengenalkan Alat-Alat Optik , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 5 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
- Utin Edsyaraharja, Handi Darmawan, Eti Sukadi, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pengukuran Di Kelas VII SMP YPK Pontianak , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 4 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- Veriska Kristina, Eti Sukadi, PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIISMP SUPARNA NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)
- eva hasanah, anita anita, lia anggraeni, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA ENERGI DAN DAYA DI KELAS X SMK DARUL DAKWAH SUNGAI AMBAWANG , JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA: Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)